Definisi umum Air Terjun adalah arus air yang mengalir melalui suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian. Banyak air terjun terbentuk di lingkungan pegunungan dimana erosi kerap terjadi.

Air Terjun biasanya menjadi daya tarik wisata yang sangat indah, tetapi ada beberapa air terjun yang benar-benar luarbiasa keunikannya. Meskipun bukan yang terbesar, tertinggi, atau bahkan air terjun asli, beberapa air terjun dibawah ini ini memiliki sesuatu keunikan mereka sendiri yang mengejutkan. Dibawah ini 15 air terjun yang paling unik di dunia seperti yang dikutip dari versesofuniverse.blogspot.com

1. Air Terjun Bawah Air Di Mauritius


Laut di sekitar Mauritius adalah rumah bagi “air terjun” bawah laut yang spektakuler. Namun ini bukan benar-benar air terjun, tapi adalah sebuah ilusi optik. limpasan pasir dan endapan lumpur jatuh ke dalam beting pesisir yang dalam untuk menciptakan ilusi yang mengesankan ini.


2. Air Terjun Terbalik



Tampaknya menentang hukum gravitasi, air terjun terbalik tidak mengalir ke arah yang Anda harapkan. Hal ini sebenarnya merupakan fenomena alam yang disebabkan oleh angin kencang mendorong air ke atas. Air terjun ini di Islandia, tapi fenomena ini juga sering terjadi di tempat-tempat seperti Hawaii, Irlandia dan Inggris.


3. Air Terjun yang Menyala



Sekitar waktu tertentu setiap tahun, Air terjun Horsetail di Yosemite menarik sejumlah turis yang datang untuk menyaksikan penampilannya yang spektakuler ini. Karena posisi matahari terbenam, air terjun diterangi sedemikian rupa sehingga terlihat menyala orange dan merah. Kondisi cuaca harus sempurna untuk peristiwa yang disebut “Firefall” ini terjadi.


4. Air Terjun Benang Kelambu



Berbeda dengan air terjun pada umumnya yang mengeluarkan suara gemuruh. Air terjun benang kelambu lebih mirip seperi kelambu. Bukan batu dan tebing yang menjadi ‘papan’ seluncur untuk air, tetapi tanaman merambat lah yang menjadi alasnya.


Seperti namanya, benang kelambu air yang mengalir dari atas tebing terlihat sangat halus dan cantik. Merasakan suasana alam terbuka di hutan desa air berik, lombok tengah, ntb, lokasi air terjun ini menjadi tempat yang sangat bersahabat untuk wisatawan.


5. Air Terjun ‘Lengket’ Di Thailand



Air mengalir di batuan biasanya membuat permukaan batu menjadi licin, tapi Air Terjun Bua Thong di Thailand menentang konvensi ini. Sebaliknya, air terjun ini “lengket” berkat batu-batu kapur bulat di bawahnya. Tidak seperti kebanyakan air terjun, tidak ada lendir atau ganggang di bebatuan. Bahkan, batu kapur memberikan begitu banyak traksi sehingga memungkinkan untuk berjalan di air terjun ini tanpa terpeleset.


6. Air Terjun Pantai



Apa yang membuat Air Terjun Banyu Tibo di desa widoro kecamatan donorojo Pacitan ini istimewa adalah kenyataan bahwa air langsung terjun ke pantai, dan jika pasang, air mengalir jatuh ke laut. Air terjun ini berasal dari sebuah sungai kecil yang jernih dan tidak pernah kering walaupun di musim kemarau. Aliran air inilah yang berakhir dengan terjun dan menyatu dengan debur ombak laut selatan disebuah teluk kecil yg dikelilingi batu karang.

Air Terjun Pantai Jogan

Air terjun yang langsung jatuh ke pantai seperti Banyu Tibo dapat pula kita jumpai di Pantai Jogan Gunungkidul dan McWay Beach di California


7. Air Terjun Kabut



Air terjun ini kabut di Islandia ini cukup spektakuler, tapi sayangnya bukan sesuatu yang bisa dilihat lihat setiap saat. Seorang hiker cukup beruntung untuk mengabadikan dari fenomena alam ini di mana kabut dingin datang ke dalam kontak dengan udara yang lebih hangat menyebabkan ia turun ke permukaan laut. Bukan hanya penampakannya saja yang seperti air terjun yang sangat besar, namun berkat deru angin, suaranya pun terdengar seperti air terjun.


8. Air Terjun Gua Gletser



Dengan lokasi yang berubah setiap tahun, Gua-gua gletser Islandia sering menampilkan air terjun yang menakjubkan. Cahaya yang terpantul oleh es di gua-gua gletser ini memberikan tampilan dunia lain yang magis dari keajaiban alam.


9. Air Terjun Darah di Antartika



Air Terjun Darah di Antartika tampak seperti pemandangan mengerikan, tapi untungnya ini bukan darah yang memancar dari es. Meskipun para ilmuwan awalnya berpikir bahwa warna merah terang mungkin disebabkan oleh ganggang, namun sebenarnya itu adalah air garam yang mengandung begitu banyak oksida besi yang memiliki merah, warna karat.


10. Air Terjun Beku



Diantara air terjun yang membeku di musim dingin, Air Terjun Minnehaha di Minnesota memiliki keunikan tersendiri. Selain namanya yang aneh seperti orang ketawa (bahkan juga disebut air terjun ketawa) air terjun ini memiliki rahasia yang terungkap menjelang akhir musim dingin.


Seiring air terjun beku mulai mencair, lubang muncul dalam lembaran es yang mengungkapkan sesuatu sangat keren. Ada sebuah ceruk dibelakang air terjun yang terungkap saat es mulai mencair ceruk ini bertiraikan es yan mulai mencair dan cahaya matahari tengah hari yang melewatinya akan terbiaskan membentuk mural yang indah.


11. Air Terjun Berbentuk Jamur



Bentuknya yang unik dan selimut lumut hijau dari Air terjun Bigar di Rumania ini membuatnya terlihat seperti jamur besar. Cara di mana air menyebar di batu sebelum jatuh lebih meningkatkan penampilan uniknya.


12. Air Terjun Ngarai Baatara di Lebanon



Terjun melaui tiga formasi jembatan batu alami, Baatara Gorge waterfall seperti sesuatu yang dibuat untuk seting film fantasi. Pemandangan yang menakjubkan ini hanya akan terlihat selama bulan Maret dan April setiap tahun dan disebabkan oleh salju mencair.


13. Air Terjun Membatu



Hierve el Aqua, yang berarti “air yang mendidih” mendapat namanya dari air mineral yang menggelegak alami di daerah itu. Dari kejauhan. air terjun sepertinya tampak membeku di tempat saat ia jatuh menuruni gunung, tapi jika dilihat lebih dekat, makaakan terungkap bahwa sebenarnya itu adalah deposit mineral. Air kaya mineral yang mengalir di tepi tebing perlahan membentuk penumpukan selama bertahun-tahun sama seperti terbentuknya stalaktit.


14. Air Terjun Bawah Tanah



Tidak seperti beberapa air terjun gua di mana air mengalir melalui sinkhole atau bukaan lain, Ruby Falls sepenuhnya bawah tanah. Air terjun yang diberi nama istri penemunya, terletak di dalam sebuah gua batu kapur 341 meter dibawah tanah.


15. Air Terjun Gletser Bergantung



Hanging Glacier Falls yang menakjubkan di Chili mendapatkan namanya dari gletser yang bertengger di tepi tebing di atasnya. Air terjun ini relatif terisolasi, dan itulah mengapa ia tidak seterkenal beberapa air terjun lainnya, meskipun menawarkan pemandangan yang spektakuler.
Air terjun mengalir sepanjang tahun, tetapi tergantung pada kondisi cuaca dan posisi gletser, dapat berubah lokasi atau bahkan menghasilkan air terjun tambahan.