Bandara/Airport ialah suatu media dimana pesawat terbang lepas landas & mendarat. Satu Buah bandara yg paling sederhana minimal mempunyai suatu landasan pacu, sedangkan buat bandara-bandara agung kebanyakan di lengkapi bermacam alat lain, baik buat operator pelayanan penerbangan ataupun bagi penggunanya seperti bangunan terminal & hanggar. Tapi ada pula hal-hal yang
menciptakan unik Bandara tersebut. 

1. Princess Juliana International Airport (St.Marteen)

 

Bandara ini mempunyai landasan yg amat sangat dekat bersama pantai yg senantiasa dipenuhi oleh para turis yg sedang berjemur. Meski belum sempat ada kecelakaan serius yg mengakibatkan
korban jiwa, namun baik kala tinggal landas ataupun diwaktu mendarat semburan jet (Jet blast) dari pesawat-pesawat tersebut bisa menyebabkan kecelakaan fatal bagi turis yg berada di sekitarnya. 

Pertanyaanya merupakan kenapa airport ini masihlah dimanfaatkan, bahkan buat penerbangan komersial yang padat? Jawabannya ialah bagaimanapun serta terus airport ini merupakan ruang yg paling aman utk penerbangan dari semua ruangan yang ada di pulau ini. 

2. Juancho E. Yrausquin Airport 


Juancho E. Yrausquin Airport yakni satu-satunya airport pulau Saba di kepulauan Karibia. Airport ini amat sangat ternama bersama gimana trick pesawat mampu take off dari landasan. Yrausquin Airport mempunyai porsi yg agung dalam melayani penerbangan di pulau Saba. Sekian Banyak pakar penerbangan mempunyai pernyataan bahwa airport ini adalah salah satu airport paling berbahaya di dunia meski tak ada tragedi gede yg berlangsung di sini. 

Di ujung landasan terdapat huruf X gede yg menandakan bahwa airport ini tak utk penerbangan komersial. Bahaya datang dari keadaan geografis dari airport itu sendiri, di satu sudut bukit yg tinggi &dikedua ujung landasan terdapat jurang yg serta-merta menuju lautan. Teramat berbahaya bagi pesawat bersama bisa jadi tak mampu mendarat lantaran menabrak jurang atau kurang tenaga utk take off yg menyebabkan jatuh ke jurang pula. 

3. Lukla Airport 


Gunung yg tinggi di satu segi & jurang ribuan meter di sudut lainnya. Airport ini terletak di ketinggian 2900 meter dari permukaan laut, menjadi nyaris tiada kemampuan yg pass buat tinggal landas. Lukla Airport ialah airport mungil di kota Lukla di timur Nepal. Terhadap bln Januari 2008, pemerintahan Nepal mengumumkan bahwa airport tersebut bakal ditukar namanya jadi Airport Sir Edmund Hillary, orang perdana kali yg sukses mencapai puncak everest. Airport ini sendiri pass terkenal sebab tidak sedikit yg menggunakannya juga sebagai titik awal pendakian puncak Everest. 

4. Gibraltar Airport 


Airport ini terletak di kota gibraltar, salah satu pulau yg termasuk juga dalam persemakmuran inggris, dia terletak di sektor barat daya Eropa, tepatnya di sektor selatan pesisir Spanyol. keunikan airport ini seperti yg dapat kita perhatikan di gambar, di mana di airport ini terdapat jalan raya yg menghubungkan 2 segi kota, & terletak di tengah-tengah runway airport tersebut. Apabila di Indonesia rel kereta api yg melintang di jalan raya tetapi jika disini run away pesawat. 

5. Kansai internasional Airport 


Kansai International Airport ialah bandara Terunik di Jepang yg dibangun di tengah laut dalam wujud seperti pulau buatan. Bandara ini mula-mula kali di buka buat umum kepada 4 September 1994.Peristiwa pembangunan bandara ini bermula terhadap awal thn 1960 saat Bandara Narita di Tokyo tak bisa lagi utk menampung jumlah penumpang yg dapat diberangkatkan. Pengembang selanjutnyamenyusun satu buah ide pembangunan bandara baru yg dapat dibangun dekat dgn kota Kobe & kota Osaka. Rencananya bandara baru tersebut dapat dikasih nama Osaka International Airport. 

Pembangunan bandara ini urung dilaksanakan lantaran jumlahnya protes yg mengenai bersama polusi hawa yg bakal ditimbulkan apabila pembangunan bandara ini menjadi dilaksanakan. Utk mengatasi permasalahan ini, pengembang juga mengusulkan biar bandara baru yg kelak bakal dibangun tak berada di tengah pemukiman warga, namun dipindahkan ke daerah yg efek kerusakan lingkungannya relatif mungil jikalau pembangunan bandara ini menjadi dilaksanakan, Pembangunan bandara serta masih dilaksanakan bersama ruang pembangunan dilaksanakan di Osaka Bay yg relatif jauh dari pemukiman warga.