Ke lima lagu ini tidak jarang dianggap yang merupakan lagu pemanggil makhluk halus. Konon menurutnya apabila lagu ini didendangkan, sehingga manusia yg telah mati seolah-olah hidup kembali. Nah, penasarankan, lagu apa saja ? Berikut ulasannya. Berikut dikutip dari berjambang.blogspot.com :

1. Lingsir Wengi 

Lagu Lingsir Wengi ini diakui oleh sebahagian orang jawa bakal memanggil kuntilanak. Tetapi, anehnya tak ada yg mengetahui siapa yg membuat lagu ini. Lau Lingsir Wengi ini dinyanyikan dengan caraturun-temurun oleh penduduk jawa. Konon tuturnya, lirik lagu Lingsir Wengi ini mengandung arti utk memanggil makhluk halus. Seperti ini lah liriknya. 

Lingsir Wengi sliramu tumeking sirno 
Ojo tangi nggonmu guling awas jo ngetoro saya lagi bang wingo-wingo jin setan kang tidak utusi dadyo sebarang wojo lelayu sebet 
Kalau diartikan dalam bahasa Indonesia, lirik tersebut mempunyai arti yang merupakan berikut. 

Menjelang tengah malam, dirimu (bayangmu) mulai sejak sirna jangan sampai terbangun dari tidurmu awas, jang nampak(memperlihatkan diri) saya sedang gelisah jin setan ku perintahkan jadilah apapun pun, tapi jangan sampai mengambil maut 

Ini lah sektor lirik yg dianggap mempunyai arti yang merupakan pemanggil jin & setan. Lagu ini dinyanyikan bersama suara khas penduduk jawa, yakni seperti suara sinden. Jikalau lagu ini dinyanyikanmemang lah akan menciptakan bulu kuduk merinding. Hiii … 

2. Tengah Malam Satu Suro 

Satu suro yaitu hri perdana dalam kalender jawa di bln Sura atau Suro yg bertepatan bersama 1 muhararam dalam kalender Hijjriah. Satu suro umumnya di peringati terhadap tengah malam hri sesudahmagrib, sebab perubahaan hri jawa dimulai ketika matahari terbenam, bukan kala tengah tengah malam. 

Satu suro dianggap sbg hri kramat bagi warga jawa, sebahagian penduduk jawa umumnya dilarang ke luar hunian diwaktu tengah malam satu suro, dikarenakan tengah malam itu yakni tengah malamkeramat. Oleh dikarenakan itu, penduduk jawa punya anggapan lagu tengah malam satu suro juga sebagai lagu yg berbau mistik. 

Padahal lirik lagu tersebut tidak memiliki kata-kata yg menyeramkan, namun penduduk jawa konsisten saja mempercayainya sbg lagu pemanggil makhluk halus. Seperti ini ia liriknya. 

Tengah Malam ini 
sunyi sepi ku terlena dalam mimpi kau tersenyum kedamaian 
Liriknya biasa saja kan? Tetapi mesti hati-hati loh kalau mau mendengarkan lagunya. 

3. NINA BOBO 

Dikisahkan ada satu orang anak wanita yg bernama Nina yg berdarah Indonesia, sedangkan Belanda yg bernama Helenina Mustika Van Rodjnik. Nina ini wafat kepada disaat berusia empat thn, sedang kan lagu NINA BOBOini diciptakan oleh ibu Nina utk menghibur Nina diwaktu dirinya menangis. 

Tapi, sesudah Nina wafat, ibunya senantiasa menyanyikan lagu ini & hingga hasilnya Nina kembali ke rumahnya. Begitulah narasi asal mula munculnya lagu NINA BOBO ini. Liriknya seperti ini. 

Nina bobo oh nina bobo 
seandainya tak bobo digigit nyamuk 
Lirik ini bisa pula diartikan seperti berikut. 
Tidurlah sayang, adikku manis 
bila tak tidur kelak digigit nyamuk 
Tetapi, narasi ini tidak akan diakui sepenuhnya, seluruh tergantung dari orang yg ingin mempercayainya atau tak. 

4. Mantra Jelangkung 

Jelangkung adalah satu buah permainan yg bermaksud buat memanggil makhluk halus. Beberapa Orang tidak jarang memainkan permainan ini cuma utk berjumpa & tanya dapat sesuatu elemen ygmau mereka ketahui. 

Tapi, buat memainkan permainan ini mesti memanfaatkan mantra, seperti yg berikut ini. 

Jelangkung jelangsat 
Di sini ada pesta Pesta kecil-kecilan Jelangkung jelangsat Datang tak diundang Berangkat tak diantar 
Seperti itulah liriknya. Tidak Sedikit orang yg mempercayai bahwa permainan ini memang lah akan memanggil setan. Berani coba? 

5. Misteri Lagu Takdir 

Konon tuturnya, Misteri Lagu Takdir ini dapat memanggil hantu yg bernama Lita. Kalau anda mendengarkan lagu ini di tengah tengah malam, dengan cara tiba-tiba dapat beralih tingkah lakunya, pikiran jadi kosong, pula sanggup kerasukan. 

Kularutkan ke tengah malam sunyi 
Kusandarkan ke hri yg hitam Ku masihlah terpaku 
Tlah ku panggil angin tengah malam 
Ku harapkan kan dihempas tetapi seluruhnya sia-sia kau sudah bertolak 
Reff : 
Kala tengah malam datang Ku tidak dapat melihatmu Diwaktu pagi datang Ku tidak mampu menyentuhmu kau sudah berangkat …….. 
Benar-benar salahku tidak sempat tau 
mengenai mengisi hatimu tetapi sekarang ini kau tutup mata buat selamanya 

Itu lah lirik dari lagu tersebut. Jelasnya di awal & diakhir lagu tersebut terdapat bunyi dengkingan. Bunyi dengkingan tersebut dianggap bakal menciptakan hantu datang. Waktu bunyi dengkingan tersebut sehingga bakal terdengar nada aneh, seperti jejak kaki, nada ketukan pintu, nada benda jatuh dari atas, & ada banyak lagi. Menjadi anda mesti berhati-hati ketika mendengarkan lagu yg satu ini.