Jadi anak presiden kayaknya enak ya? Semua serba enak, semua serba mudah. Tapi, namanya hidup, tetep harus bisa menjalaninya dengan perjuangan sendiri dong, masa mau bergantung sama orang tua terus. Makanya meskipun jadi anak presiden, orang-orang ini tetap punya pekerjaan dan bisnisnya masing-masing. Berikut 8 anak presiden dan kerjaannya seperti yang dukutip dari malesbanget.com

1. Grup Kesenian – Guruh Soekarnoputra


Putra dari Ir. Soekarno presiden pertama RI ini udah menunjukkan ketertarikannya pada seni sejak kecil. Nah makanya, dia mendirikan grup kesenian Indonesia dan sanggar tari juga, yang bernama GSP Production (Gencar Semarak Perkasa (yang awalnya MBDC kira singkatan dari Guruh SoekarnoPutra) dan juga sebelumnya Swara Mahardhika. Wah, menjaga sekali kebudayaan Indonesia ya.

2. Transportasi – Tommy Soeharto


Sebenernya sih bukan transportasi doang, tapi yang lebih komplitnya itu :

1. Shipping

2. Air Chartered

3. Mining and Mining Products Trading

4. Oil Trading and Distribution

5. Agriculture and Product Trading

6. Petrochemical

7. Property

8. Assets and Porto Folio Management

Wih, banyak ya? Anak presiden Indonesia kedua, yang bernama lengkap Hutomo Mandala Putra ini memiliki sebuah perusahaan bernama Grup Humpuss. Meskipun sejak 2002-2006 ia pernah dipenjara akibat merencakan pembunuhan dan kepemilikan senjata api juga melarikan diri, tapi gak mengurungkan semangatnya untuk terus berbisnis. Iyalah, kerja kan biar punya duit. Nah si Grup Humpuss itu bergerak di bidang-bidang di atas itu. Ntap yak.

3. TV dan Pembangunan – Siti Hardiyanti Rukmana


Wanita yang lebih akrab disapa Mbak Tutut ini adalah putri pertama Soeharto. Selain pernah menjadi menteri Sosial, kamu inget kan sama TPI, Televisi Pendidikan Indonesia yang slogannya “Makin asik aja,” itu? Nah dia tuh yang punya! Tapi setelah itu ada kasus sih, dia nuntut dan menggugat kepada MNCTV karena merasa dicurangi karena sahamnya diambil alih. Selain itu juga ada citra lamtoro gung group, yang dulu menangani banyak proyek jalan tol di Jakarta, dan lebih dari 70 perusahaan lain yang bergerak di bidang perkebunan, perkayuan, properti, kertas, makanan, perminyakan, perikanan, metal, pariwisata, dan lain-lain. Sungguh wow.

4. Teknologi – Ilham Akbar Habibie


Melalui bisnis keluarga yang sudah ada sejak 1991, Grup Ilthabi Rekatama, Ilham Akbar Habibie putra pertama dari B.J. Habibie meneruskan perusahaan yang bergerak di berbagai bidang termasuk jasa keuangan, teknologi informasi, industri manufaktur, dan lain-lain. Pria dengan gelar Ph.D dengan summa cum laude dari Technical University of Munich, Jerman ini harus rela meninggalkan pekerjaan sebelumnya di PT Dirgantara Indonesia.

5. Politik – Puan Maharani


Politikus yang mengikuti jejak kakek dan ibunya ini mulai terjun di tahun 2006. Pernah nyaleg di Pemilu 2009 dari Dapil Jawa Tengah V (Surakarta, Sukoharjo, Klaten, dan Boyolali), jadi Anggota DPR RI Fraksi PDI-P, pernah jadi Ketua Fraksi PDI-P DPR RI, dan sekarang jadi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, di bawah pimpinan presiden Joko Widodo.

6. Politik dan Aktivis – Yenny Wahid


Anak dari Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang bernama asli Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid ini adalah seorang politikus dan juga aktivis. Sempat menjadi wartawan, kini ia menjadi ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Selain di bidang politik, Yenny Wahid juga meneruskan Wahid Institute yang sering menggelar kegiatan di lingkungan aktivis muslim progresif agar tercipta multikulturalisme dan toleransi di kalangan kaum muslim di Indonesia. Wih, berat ya.

7. Promotor – Edhie Baskoro


Selain jadi politikus, Edhie Baskoro alias Ibas ini punya bisnis pertambangan nikel di Sulawesi Tenggara dan Maluku Utara. Tapi bukan cuma itu aja. Ibas juga seorang promotor. Itu lhooo, yang kerjaannya suka ngedatengin artis-artis biar konser di Indonesia. Salah satu artis yang berhasil didatengin itu adalah Justin Bieber. Tapi setelah itu, kayaknya Berlian Entertainment lebih sering menangani event dengan skala lebih kecil. Tetep aja ntap ye.

8. Kuliner – Gibran Rakabuming


Ini dia salah satu anak presiden yang gak ngikutin jejak politik ayah/ibunya. Gibran ini dapet kritik dan emang selalu aja salah ya di mata orang-orang. Padahal bisnis kulinernya, yaitu katering dan martabak yang sudah ada sejak tahun 2010 itu, sebenernya sih sah-sah aja. Ya semangat deh ya Gibran.

Tuh, anak presiden aja gemar cari duit, kamu juga harus semangat dong. Meskipun mungkin jalan kamu gak akan semulus anak presiden yang punya banyak channel atau bisa pinjam modal sana-sani (dan kalo gagal bisa minta tolong), tapi jangan putus asa. Di mana ada kemauan di situ ada jalan, oke!