Individualisme asosial yaitu dampak yg timbul saat kapitalis melunturkan nilai-nilai gotong-royong. Perlahan-lahan penyakit ini makin berkembang di negara-negara timur, termasuk juga Indonesia, ygsebenarnya menganut paham kebersamaan. 

Waktu Ini kita barangkali baru dalam step tidak peduli kepada hidup bertetangga, tidak tahu waktu ada pendatang baru yg menutup diri atau contohnya
tidak acuh menonton orang lain kesulitan & sama seperti tumor, apakah penyakit individualisme mesti menunggu sekian banyak th ke depan hingga efek buruknya terang terasa? 

Bisa Jadi contoh-contoh berikut mampu terhubung mata kita, bahwa kesendirian, ketakpedulian cuma meninggalkan kenangan pedih. Inilah beberapa orang yg mati dalam sunyi, & baru disadari tidak sedikit orang bertahun-tahun setelahnya, seperti dikutip dari apakabardunia.com 

1. Kroasia – Mati di depan Televisi 42 thn


Hedviga Golik (lahir 1924) hidup sendiri dalam flat (apartemen). Tidak tidak sedikit laporan berkaitan kehidupan perempuan Kroasia ini. Tetangganya cuma mengingat terakhir kali menonton Golik th1966 (berarti waktu usia Golik 42 thn). kemudian tiada lagi kabarnya. Para tetangga menduga dirinya telah pindah. 

Bertahun-tahun seterusnya (bisa jadi 2007 atau 2008) barulah muncul laporan orang hilang di kantor polisi setempat. Sehingga aparat pula mendatangi flat Golik, mendobraknya, & menemukan jasadperempuan ini duduk di depan tv hitam putihnya. Tubuhnya telah rusak, tulang tengkoraknya kelihatan terang. 

Dari kali terakhir tampak tetangganya, berarti Golik sudah wafat & baru didapati 42 thn sesudahnya. Tragis, cuma kursi, Televisi hitam putih, & secangkir teh menemani sang mumi selagi puluhan thn.
sampai saat ini penyebab kematiannya masih menjadi Misteri.

2. Prancis – Mati masih ber-piyama 


Tidak senantiasa apartemen yg menyekat kehidupan pribadi maka amat sangat individualis. Tinggal di hunian pula bila tidak ada jalinan sosial pula gawat. Satu Orang laki-laki yg tinggal di suatu huniandi Lille, Prancis ditemukan mati tetap mengenakan piyama sesudah 15 thn setelah itu oleh kepolisian setempat. 

Tidak Sedikit orang mengira hunian ini telah kosong. Tampaknya cowok ori Spanyol ini tidak punyai kenalan waktu tinggal di Lille. Disaat kematian diduga thn 1996, nampak dari surat-surat yg tetap tertutup merujuk thn tersebut. 

3. Prancis – Ditemukan sesudah 8 thn gantung diri 


Satu Buah Apartemen di paris dikejutkan penemuan mayat gantung diri yg telah berumur delapan thn berada di apartemen tersebut. Umur cowok ini kurang lebih 40 th, terakhir kabarnya ajukankeluhan pekerja pada pemecatannya di thn 2005. 

Beliau sudah memutuskan jalinan bersama keluarganya & berita dari tetangga yakin bahwa dirinya sudah kembali ke Kamboja. Apartemennya hasilnya dipasarkan sesudah dia tak dapat buatpembayaran hipotek & utk menutupi budget bangunan. 

Satu Orang sumber polisi menyampaikan pemilik baru menemukan badan laki-laki original Kamboja ini tergantung di tali kala tiba utk mengecek apartemen & masuk bersama pertolongan tukang kunci. 

4. Australia – Ditemukan sesudah 8 th 


Seseorang perempuan lanjut usia (87 thn) yg hidup sendirian di rumahnya ditemukan telah wafat sesudah 8 thn oleh kepolisian New South Wales, Australia kepada th 2011. Macam Mana mungkin saja hunian itu dibiarkan tidak terurus sekian th? Tampaknya listrik & air telah diputus sejak lama. Tetapi, Departemen Sosial masihlah berikan tunjangan ke rekeningnya. Para tetangga melaporkan tidaksempat menonton perempuan itu & mengiranya sedang liburan. 

Penemuan mayat ini dilakukan sesudah polisi menerima laporan dari iparnya yg tidak mendengar info sesudah bertahun-tahun. Teramat sayangnya, kenapa menunggu 8 thn baru melapor polisi? 

Menurut keterangan, perempuan lanjut usia ini & iparnya bertengkar hebat di th 2003, & kemudian mereka berdua perang dingin. Tragis, satu buah pertengkaran yg panjang menuai hasil menyedihkan.

5. Jerman – Mati di ruang tidur 7 thn


Ini kemungkinan kisah paling tragis hidup kesepian dalam satu buah negeri yg amat sangat maju, Jerman. Di thn 2007 polisi menemukan seseorang laki laki berumur 59 thn mati terbaring di ruangantidurnya. Kala kematian diduga 30 Nopember 2000 tepat surat bertanggal tersebut yg datang dari kantor Departemen Sosial (welfare office). 

Apartemen laki laki ini di gedung yg meliputi perkantoran. Mengingat lingkungan yg pass ramai tersebut, mestinya bau mayat busuk tercium bersama enteng. Nyata-nyatanya tiada orang yg ‘ngeh’sewaktu bertahun-tahun. Tambah menyedihkan, tidak ada orang yg merasa kehilangan kakek/ayah/teman & artinya laki-laki ini memang hidup sendirian. 

“Tak ada yg kehilangan laki-laki ini. Tidak sempat ada laporan kehilangan,” papar polisi setempat. Sungguh mengenaskan, demikian mudahnya melupakan orang.